Panasnya Kota Malang

Cuaca Kota Malang sedang kurang bersahabat. Suhu malam hari terasa sangat panas, sedangkan sore mendung menggelayut. Dalam waktu tak lama lagi, hujan disertai petir dan angin juga bakal terjadi. Karena itu warga diimbau menjaga kesehatan dan waspada demam berdarah (DB).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi BMG Karangploso, Koeswara mengatakan, saat ini cuaca di Malang berkisar 33 derajat celcius. Di hari biasanya, suhu panas maksimal di Malang berkisar sekitar 32,6 derajat celcius.

Berdasarkan catatan Malang Post, suhu panas yang terjadi pada saat ini jauh lebih tinggi dari awal bulan September lalu. Awal September cuaca berkisar antara 28 sampai 29 derajat celcius saja.

Penyebab cuaca panas, kata Koeswara, karena posisi matahari tepat berada ada diatas Pulau Jawa. ‘’Matahari menuju 23,5 derajat lintang selatan, persis diatas Pulau Jawa,’’ jelas Koeswara tentang posisi matahari yang menyebabkan panas. Penyebab lainnya karena perubahan lingkungan.

Sekalipun warga Malang merasa gerah di malam hari, ternyata cuaca panas yang sedang dirasakan ini belum memasuki cuaca ekstrim. ‘’Sekarang ini masih pada musim pancaroba,’’ jelasnya.

Diperkirakan suhu panas di malam hari ini akan terjadi sampai pekan depan. Sebab tak lama lagi, wilayah Malang mulai memasuki musim hujan. ‘’Berdasarkan prakiraan, awal hujan mulai 21 Oktober,’’ kata dia. Diawal musim hujan, lanjut Koeswara, warga juga harus mewaspadai angin kencang dan petir.

Secara terpisah, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinkes Kota Malang, dr Nusindrati MKes mengatakan, saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya penyakit tertentu akibat tingginya suhu panas.

Namun demikian, dia mengimbau warga untuk menjaga kesehatan dengan cara memperbanyak minum air. Selain itu juga banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kuah. ‘’Untuk menjaga stamina tubuh, hendaknya banyak makan buah-buahan,’’ imbaunya.

Dia juga mengingatkan agar warga mewaspadai berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah, aedes aegypti. Sebab cuaca mendung kemudian hujan dan cerah kembali, menyebabkan nyamuk

aedes aegypti cebat berkembang. ‘’Jaga kebersihan rumah dan lingkungannya. Jangan sampai ada genangan air,’’ pungkasnya. (van/avi/vandri/sumber: MalangPost)

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: