Lowongan di UB Sepi Peminat

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Universitas Brawijaya (UB) Malang diperpanjang. Awalnya pendaftaran ditutup pada 27 September, namun kemudian diperpanjang hingga 8 Oktober. Penyebabnya karena kualifikasi calon dosen dengan gelar S2 yang mendaftar ke UB minim. Menurut bagian pendaftaran CPNS Dosen UB formasi 2008 Edi Suwanto, untuk delapan program studi belum ada pendaftarnya. Yaitu pada program Keperawatan, Teknik Kelautan, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknologi Hasil Pertanian, Akuntansi, dan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Karena ada delapan program studi yang tidak ada pendaftar sampai pendaftaran ditutup, maka pendaftaran diperpanjang. Selain itu persyaratan kualifikasi calon dosen ini diturunkan dari syarat minimal S2 menjadi S1 saja. Ini sesuai dengan edaran Menteri Pendidikan Nasional dan sudah diputuskan di rapat pimpinan,” ungkap Edi.

Syarat pendaftaran CPNS dosen di PTN memang cukup berat. Sebelum ada ralat Mendiknas, pendaftar harus bergelar minimal S2. Dengan IPK rata-rata minimal 3,25. Syarat-syarat ini kemudian diubah menjadi syarat minimal pendaftar adalah S1. Hanya saja dengan syarat pendaftar adalah lulusan dari PT dengan akreditasi program studi A dan IPK minimal 3,00. Untuk pendaftar dengan gelar S2, syarat IPK pun diturunkan dari minimal 3,25 menjadi 3,00 saja.

Hal ini dikarenakan tidak terpenuhinya formasi kualifikasi S2 karena terbatasnya jumlah pelamar lulusan S2 untuk beberapa program studi atau bidang tertentu. Walaupun sebenarnya sesuai ketentuan UU nomor 14 tahun 2005, kualifikasi akademik dosen pada penerimaan CPNS formasi 2008 sekurang-kurangnya S2.

Namun dengan surat edaran tersebut, Mendiknas memberi dispensasi untuk bisa menerima CPNS calon dosen dengan kualifikasi S1 dengan beberapa persyaratan.
Antara lain, lulusan program S2 tersebut masih tergolong langka atau belum cukup tersedia. Dan hingga batas pendaftaran 27 September lalu, delapan program belum ada pendaftar karena syarat S2 dan IPK yang sangat tinggi.

Karena itulah, Mendiknas menetapkan, apabila sampai tanggal 27 September 2008 masih ada formasi kualifikasi akademik dosen S2 yang tidak ada pelamarnya, maka waktu pendaftaran ditambah 3 hari, yaitu tanggal 6-8 Oktober 2008.

“Untuk dosen yang diterima tapi masih bergelar S1, maka sesuai dengan isntruksi Mendiknas PTN yang terpaksa menerima CPNS dosen dengan kualifikasi S1 wajib meningkatkan kualifikasi akademik CPNS dosen yang bersangkutan sampai sekurang-kurangnya pada jenjang S2. Waktunya paling lama satu tahun setelah diangkat menjadi CPNS. Belum boleh diberi jabatan fungsional dosen sampai yang bersangkutan sekurang-kurangnya mendapatkan kualifikasi akademik S2,” ungkapnya.

Edi menuturkan jumlah formasi masih tetap 82 CPNS, yaitu 80 orang tenaga dosen dan 2 orang tenaga teknisi.

Secara umum, pendaftaran CPNS dosen di UB tahun ini memang tidak terlalu ramai. Hingga kemarin saja, baru ada satu dua pendaftar di tiap program studi (Prodi).

Di Prodi Teknologi Informasi (TI) baru ada satu pendaftar, Hubungan Internasional (HI) satu pendaftar, Komunikasi tiga pendaftar, Sosiologi satu pendaftar. Pendaftar yang cukup banyak di Prodi Psikologi yang mencapai 10 orang, dan Fakultas Kedokteran (FK) yang juga mencapai lebih dari 30 orang. (oci/avi/rosida/sumber: MalangPost)

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: