Perkumpulan Motor Antik di Malang


Wahjoedi, pemilik BSA, Norton, dan AJS. (foto: Arsenda Community)

Melengkapi sepeda motor dengan onderdil aslinya membutuhkan waktu dan dana tidak sedikit. Namun, kegiatan itu yang menjadi kenikmatan komunitas MACI (Motor Antik Club Indonesia) Malang. Saling bertukar informasi sampai browsing via internet merupakan salah satu topik pembicaraan saat para anggota berkumpul.

Deru sepeda motor memecah keheningan di sekitar perumahan Sulfat Indah II kemarin. Sayup-sayup, raungan bunyi dari knalpot itu makin mendekat hingga cukup memekikkan telingan. Suaranya khas, brum…brum…brum….

“Itu, teman-teman sudah datang,” ujar Wahjoedi, sebagai tuan rumah seraya berdiri menyambut kedatangan rekan-rekannya.

Sejurus kemudian, empat sepeda motor besar dengan pengendara berkostum hitam-hitam berhenti di halaman rumah Wahjoedi. Sebelum menghentikan sepeda motor, para pengendara ini unjuk kebolehan dengan berputar mengintari kawasan perumahan tersebut.

Urutan terdepan adalah Kayan H.D, yang belakangan diketahui mengendarai BSA (Birmingham Small Army) keluaran 1956. Dengan membonceng sang istri, Surtiningsih, 55, kepiawaian Kayan mengendarai sepeda motor tak kalah gayanya dengan anak muda.

Di belakangnya tampak Mumu, 25. Lajang yang buka usaha handphone ini ikut memperlihatkan sepeda motor kesayangannya, Norton tahun 1956. “Motor boleh tua, tapi pengendaranya tetap berjiwa muda,” celetuk Mumu begitu menyalami Radar yang sudah beberapa saat menunggu kedatangan mereka ini.

Selain itu ada Hamim yang membawa anak semata wayangnya, Haidar, bersama istrinya, Erika Puji Lestari, dengan sepeda motor Matchless keluaran 1956 serta Lukman dengan sepeda motor jenis BSA. Plat nomornya tertulis AE 6000 PW.

BSA, Norton, dan AJS (Adam Jhon Smith) yang dipunyai Wahjoedi merupakan jenis sepeda motor keluaran di bawah tahun 1960-an. Rata-rata memiliki CC 350, 500, dan 600. Sebagian besar merupakan keluaran Inggris. Di Malang ada ratusan orang yang memiliki sepeda motor tua ini.

Mereka inilah merupakan anggota MACI. MACI ini sendiri berdiri pada 1992. Biasanya mereka berkumpul satu bulan sekali dengan keliling kota dan bertukar informasi. Untuk komunitas di Indonesia sendiri, biasanya mereka bertemu saat jambore nasional yang digelar secara bergilir.

Pada 2004 lalu misalnya, anggota MACI berkumpul di Taman Budaya Jatim. “Yang hadir di sini sebagian saja. Karena memang hanya acara silaturahmi biasa. Jadi, siapa yang tidak ada acara, silakan datang,” ungkap Wahyoedi yang juga dosen FE UM ini.

Komunitas ini tetap menjaga keaslian onderdil sepeda motor. Onderdil yang terpasang diupayakan sesuai tahun keluaran dan harus asli. Sebut saja AJS kepunyaan Wahjoedi yang didapat 1999 lalu. Awal mulanya mendapatkan dalam keadaan tidak lengkap. Beberapa bagian onderdil terpasang bukan sesuai tahun keluarannya.

Pengakuan Wahyoedi, bernilai seni kalau sang pemilik berhasil mencari onderdil aslinya. Selain itu, mengembalikan aksesori aslinya merupakan kewajiban di tengah kecintaannya terhadap motor tua ini. “Lihat saja radiator ini. Dulunya radiator motor produk Jepang T-100. Tapi sekarang radiatornya asli. Saya dapat melalui browsing internet. Seingat saya harganya Rp 2,4 juta,” ujarnya. Bagian sock breaker juga demikian. Onderdil aslinya seharga Rp 1,5 juta diburu dari rekan-rekan sesama penggemar motor antik.

Istimewanya, motor-motor ini setelah dilengkapi onderdil aslinya akan bernilai jual tinggi. Harganya melambung tinggi dibandingkan saat mendapatkan dulu. Para pemilik motor antik ini sering mendapatkan penawaran dari penghobi lain dengan banderol tinggi. “Motor saya ini (BSA) pernah ditawar 45 juta. Tapi tidak saya berikan, karena tidak ada yang jual,” kata Kayan.

Dia menambahkan, koleksi motornya didapat dari pasar loakan sekitar 1980-an lalu dengan harga Rp 2,5 juta. Sudah puluhan juta dikeluarkan untuk perbaikan serta penambahan onderdil yang asli sesuai tahunnya.

Banyak pengalaman yang dijalani para penggemar motor ini. Dari berburu onderdil sampai mendapatkan jodoh. Pengalaman Hamim misalnya, bertemu Erika yang kini berstatus istriya dari MACI. Kebetulan Erika juga penggemar MACI yang didapat dari keluarganya.

“Hampir dipastikan saya selalu mendampingi suami saya kalau touring. Senang kalau naik motor antik ini. Nyaman, tidak seperti sepeda motor produk baru. Sulit diceritakan,” katanya lantas tertawa. Ketika hamil usia tiga bulan, Erika juga pernah ngidam dibonceng suaminya naik motor antik. Berbagai kota pernah disinggahi mendampingi suami. “Paling jauh touring ke Makassar beberapa waktu lalu,” ujar dia.

Hanya saja, di komunitas MACI ini sebagian besar motornya tidak dilengkapi surat-surat. “Komunitas kami sebenarnya ingin melengkapi surat-suratnya. Harapan kami pada pihak kepolisian mempermudah bagaimana bisa mendapatkan surat,” tambah Wahjoedi.

Imbas tak punya surat, keberanian menggendarai di jalan raya kalau sedang bersama-sama. Kalau sendiri-sendiri, terkadang khawatir karena tidak memiliki surat. “Untungnya motor antik ini tidak digunakan setiap hari. Hanya momen tertentu saja,” tandasnya Wahjoedi. (sumber: Jawapos)

*) Wahjoedi atau yang lebih dikenal dengan Pak Wahyudi juga merupakan senior Arsenda Community.

About these ads

Tag: , , , , ,

67 Tanggapan to “Perkumpulan Motor Antik di Malang”

  1. devi.a Says:

    assalamualaikum, saya anggota maci bandung, mohon info mtr apakah ada yang mau dijual? yang murah aja untuk pemula mas,
    terimakasih

  2. Rossie Says:

    …sallam kenal brao….!

  3. Yahya Abdul Wahab Says:

    Maaf Pak,
    AJS adalah singkatan dari nama Albert Jack Stevens ia itu satu dari anak anak Joseph Stevens yang mengasas Stevens Motor. Apabila anak anak menambil alih, syarikat diberi nama AJ stevens Motors.

    Salam,
    Yahya
    Ipoh, Malaysia.

  4. harri triyanto Says:

    salam knal…
    maaf mas harga motor AJS /matchless utk pemula berapa yach???
    thx

  5. eep nurcahya Says:

    Salam kenal yeuh.

    Maaf nih diluar motor inggrisan, kalo R25 yang 15jt ada yang kondisi lumayan ga ?
    Masalahnya saya mau pake buat kerja.

    Makasih banyak

  6. arie Says:

    bro..di email donk gbr side valve nya ke : arie_nobelta_k@yahoo.com

  7. Ayah Andi Says:

    Saya ada barang cakep nih Honda S90Z tahun 1973, kondisi cakep, harga 4,5 juta. Sesama brader silahkan nego deh. Lihat penampakannya di:

    http://classic-motorcycle.org/forum/viewthread.php?thread_id=11448

    Suwun yo….

    Ayah Andi

  8. Dwi Kurnianto/Anto Says:

    Bengkel Las-Body Plat
    Mengerjakan:
    -Pagar,Pintu,Tralis,Teras,Meja-Kursi,Tempat Tidur
    -Modifikasi motor Segala Model.
    -DLL
    -Menggunakan bahan-bahan Bermutu.

    Hub: Dwi Kurnianto / Anto.

    Hp : 081 332 7674 82.
    Email: dwi_k30@yahoo.co.id

    Alamat: Perm BarengIndah D-05,Barengkrajan 61262.Krian-Sidoarjo. Jatim

  9. Aty Says:

    Oya…Ms Aq tertarik Bnget Ma Motor Antik KLasic Tpi Gimana Ya,,,??

  10. RAHMAT Says:

    ANAK GANTENG YANG PINTAR TAPI KOK MUKA LUCU

  11. ARIF Says:

    AKU ORANG GANTENG

  12. Tresno Wibowo Says:

    Mas kalau ada motor yang mau dijual, bsa boleh ajs, harley juga bisa, mohon kasih informasinya

  13. bayu Says:

    ada motor tua d jual gak

  14. andy Says:

    Saya mau cari motor ajs\bsa\ariel yang modelnya kayak sepeda…hubungi di 081256977001..sy jg mau jual mercy thn 81 udah modif japstyle,jual honda gl 100 modif japstyle kondisi mulus

  15. Happy ajs Says:

    Wah sam yanto ojo putus asa y iku artine sampean d prospec karo adapes kewut

  16. Putu Kusuma Yudha Says:

    soryy neh bro mau tanya kepanjangan dari AJS itu : Arthur J.Stevens atau Adam Jhon Smith…?

  17. ZULFIKAR Says:

    Assalam Mualaikum Wb Wb, salam MACI, bro sy ingin bahas masalah surat motor tua gimana ya biar ada??? karena saya pny pengalaman buruk motor saya BSA seklep 500 cc thn 1941 di kandangin di kantor polisi resort Bekasi dan saya jadi tarauma makai mtr tua……thanks

    • cahyadi Says:

      pak saya mau tanya, apa motor BSA bapak BSA Goldstar 500cc? apa minat mau dijual?kalo memang mau dijual harganya berapa?

    • happy ajs red eyes bloodbrotherz Says:

      langsung ngadep aja ke kapolresnya dan memohon tapi harus merendah bahwa kita hanya melestarikan benda bersejarah krn benda diatas 50 th dianggap sbg benda bersejarah yg hrs dilestarikan, punya teman juga pernah ngandaang di surabaya bsa side klep 500cc 1941 tapi langsung ngadepkapolres cuma kena biaya 35 ribu udah keluar padahal nyewa truk buat ngangkut 350 ribu krn g brani dinaikin takut ketangkep lagi, sekian saran dari saya semoga bermanfaat bagi anda.

  18. adjie ( polo ) Says:

    adakah motor tersebut di atas ad yang dijual murah?

  19. cahyadi Says:

    adayg punya informasi tentang motor tipe indian 4 silinder kuaran taon 1910-1952?
    Excelsior henderson 4 cyl
    Excelsior ACE 4 cyl
    Nimbus 4 cyl
    FN 4 cyl
    honda benly 125cc tank aluminium.

    kalo ada yang tau informasi ini atau punya kendaraan ini dan mau di jual tolong kasih tau saya dengan mengirim foto dan harganya melalui email saya di maya.noya@yahoo.com
    terima kasih banyak.

  20. deddy Says:

    askm…
    sya deddy,,,slm MACI

  21. deddy Says:

    saya tertarik dg motor tua karena ortu bpk dlu pernah punya motor jepang n eropa antara lain yamaha twin, sundapp,honda 69,cb 100,tp skg dh pd kmana gk tw,,,
    d rumah saat ini ad motor tua yaitu DKW auto union 56 ori mpe k kuncinya msi utuh..plat M bpkb tembus,,
    honda s90 69 warna biru
    suzuki a-100 69 warna biru
    zundap combinette 62 pedal

    posisi saya d madura,,,,,,,slm MACI ^^

  22. Bejo Says:

    Saya punya motor suzuki thn 1976 masih ori , bila ada yg berminat bisa hub. sy di bejoojek@yahoo.co.id
    trimakasih

  23. dony Says:

    Jika ada yang mo jual JAWA 350cc dengan harga terjangkau info kirim ke JAVA.OLDBIKERS@GMAIL.COM.trimakasih

  24. witarsa72 Says:

    salam kenal bagi pengemar motor tua……

  25. witarsa72 Says:

    saya punya sachs 1960 warna kuning ….kira kira kalau pakai di jalan raya kena polisi ngak ya….soalnya tidak ada suratnya atau 60 cc?????

  26. joseph Says:

    sy cari spedometer merk smith utk bsa side klep kondisi ori dan fungsi, ada info dijual gak?tks

  27. joseph Says:

    kalo ada hub sy hp saya joseph 081807443398 trims

  28. joseph Says:

    spedometernya yang 80mph yo rek…

  29. imam m Says:

    Saya kehilangan motor BMW R25 yng sudah dimodif shg mirip R26. Motor sy hilang di bengkel milik P. Yus Sukardi Jl. Rajawali Perum Rewin Surabaya. Katanya dipinjam teman tp tdk kembali. Secara kekeluargaan sdh saya lakukan sampai dng sekarang kira2 sdh 3 tahun lebih sampai saya tidak tahu lagi kemana hrs mencari. Mau lapor polisi rasanya jg tdk sampai hati. Surat2 komplit ada pada sy. Barangkali teman2 antik ada yang mngetahui mohon bisa memberikan kabar via email sy.
    Saya sangat tdk rela dan tdk ikhlas dng hilangnya motor ini. sy msh bersabar, apabila memang benar2 buntu sy akan lapor polisi.
    Kepada siapa sj yg memakai motor sy, tanggung jawab sdr di akherat amat berat, mohon segera di kembalikan.
    Terima kasih, semoga perkumpulan motor antik dimana sj bisa membantu. bila ada info mohon kirim ke i_mardjianto@yahoo.com.
    Terima kasih.

  30. Johan Says:

    Salam penuh hormat, kepada semua anggota MACI diseluruh indonesioa dan di seluruh dunia. Sejak thn 1991 s/d sekarang saya butuh bantuan info yang punya standar norton yang bodynya plunger. Juga, magneto AJS thn 1953 terutama body/magnitnya saja. dan Noodle bearing untuk big pennya Jika ada yang memiliki benda2 ini tolong diberikan info.

  31. happy ajs Says:

    d jual ajs 1954 mulus orsinilan siap tempur tanpa surat 27 jt barang d malang hub 085649906077 gambar d facebook happy pratama ajs

  32. freddy agus Says:

    halloo saudara-saudaraku di malang bisa bantu saya, perpanjang stnk motor krn saya baru beli motor cb 200 hanya punya bpkb malang tapi stnk hanya copyan. saya mohon bantuan bpk wahyudi dkk menolong saya krn sy ingin sekali mengendarai motor tua saya ini, mohon informasi ke email Agoes1912@gmail.com atau sms ke 081314070676 terima kasih

  33. herry susilo Says:

    bro . saya punya ajs thn 1956 , surat lengkap , sehat jalan , mau saya lepas kalau ada yg minat , murah saja , bisa telpon saya ke no ini . 081253081981, thanks

  34. bowo Says:

    klu ada BSA tahun 56 atau BMW R25 yg dijual boleh kasih info ya om………!!!

  35. Megx Says:

    Saya mau hidupin mesin Zundapp Combinette 1961 saya,
    ada yg tau alamat bengkel motor antik terpercaya di kawasan Surabaya-Sidoarjo?
    Bagi yg tau tolong beri infonya via email ke
    mahamega.m@gmail.com
    trm kasih

  36. Hadi01839 Says:

    numpang jualan ne bos..
    barang kali ada yg minat sm motor :
    - sparta 1953 (no paper)
    - J-LO motorcycle kurang lebih 1933 (no paper)

    TKP Lapak :
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4584178

  37. SURYA BATARA Says:

    saya mw numpang jualan ne..

    saya punya BSA taon 1948 modifikasi, kondisi mesin siip siap jalan,

    90 % orisinil, 90 % croome, surat – surat lengkap, warna putih metalik,

    lokasi Medan. harga nego…

    Bersminat serius hub : SURYA (081370027020 / 081370977709)

  38. lukmanhakim Says:

    saya punya motor antik,.,.,.tapi di sambas masih tidak ada persatuan ya,.,.,.bangaimanakah saya ingin bergabung

  39. Bambang Says:

    Saya mau jual Honda Compo thn 1983
    tidak ada tiganya di Indonesia
    Hanya Kolektor Item aja nih! mo pic bisa di lihat
    di FB : bang_bang_573@yahoo.co.id
    atau hubungi di no : 081927491809

  40. Candra Says:

    Pak, mohon di berikan informasi bengkel yang bisa mereparasi motor Zundapp thn 1958, khususnya di Jakarta, terimakasih.

    • happy ajs red eyes bloodbrotherz Says:

      kirim aja ke malang, malang kan terkenal tentang zudappnya kaya punya kolonel jumain yg sampek malank-bandung zundappnya ngacirrrrrrrr

  41. webex Says:

    motor tua singo edan….endi rek taring’e

  42. dejoga Says:

    salam dari maci jombang….
    ada beberapa referensi ttg otomotif antik di blog sy, monggo mampir

  43. dinal Says:

    dijual zundapp cowok, kondisi 60%, cat merah tua keunguan bulat2 putih mulus, mesin ori, kampas kopling agak habis, 15juta nego, surat lengkap, plat l, posisi malang,
    hub nomer 08986318707

  44. dinal Says:

    plat L, tahun 1959, 60cc, mati 1tahun bos

  45. ikul18 Says:

    kulonuwon mas…bagi para bikers yang ingin mengganti tampilan motor sedikit berbeda mulai dari perbaikan body,modifikasi,painting (pengecatan) sampai mekanik (penurunan mesin motor,stel pelek atau spoke,etc)untuk perbaikan mesin. kami siap melayani para bikers….kami menerima panggilan untuk pengecatan di lokasi (telp 085731470310 rizal…mathur nuwon…

  46. paijo Says:

    salam kenal,
    nuwun sewu, mohon info sederek-sederek sedoyo, bila ada yg jual motor bsa/ajs yg murah/bahan gpp…buat pemula mas..
    email ke : setiono11@yahoo.co.id … matur suwun..

  47. adit bt Says:

    Met Tahun baru 2011 baru untuk semua pecinta motor antik seantero nusantara. semoga lebih kompak dari sebelumnya

  48. happy ajs red eyes bloodbrotherz Says:

    cak BT emang sebelumnya g kompak yo?

  49. denny Says:

    Ass,,,, saya pemula, ingiiin bgt punya motor tua, keuangan terbatas,, gmn caranya punya motor tua? sampe kebawa mimpi pengen bgt pny motor tua

  50. doni Says:

    mas bro klo bngkel bmw r25 d jakarta dmn ya,,trus dgn yg jual sparpare ny dmn?mohon pencerahan nya…

  51. gombing Says:

    info yang mau jual BSA or BMW yg ada suratnya, ke gombing_2000@yahoo.com. trims.

  52. Adit BT Says:

    For Sale : Yamaha L1 th1967 85% original .Berminat hub:0818537214

  53. Adit BT Says:

    Diharap kehadiran rekan2 PMAM (Pecinta Motor Antik Malang), PESAN (Pelestari Sepeda Motor Antik Malang), Red Eyes, POM (pauyupan Onthel Malang). Halal Bi Halal Bertempat di RM Ringin Asri Jl Soekarno-Hatta . Pada Hari Sabtu Tgl 01 Okt 2011 jam 19.00 sampai selesai

  54. hurry Says:

    saya punya motor sparta tahun 51, saya membutuhkan stang seker apabila temn2 ada yang memiliki mohon hub keno 08123476334. soalnya saya kepingin motorku hidup lagi. Base cam motor antik malang dimana ya.

  55. 002 Says:

    numpang jualan ni bos bro…..ane punya zundapp minat hub:085745859000.

  56. gerbang samudra Says:

    gan ane mo jual C70 thn 76 nih…ada yg minat ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: